myspace codes
Click here for Myspace glitter graphics and Myspace layouts

Monday, August 9, 2010

UUMotivasi : ORGANISASI

Motivasi dalam Organisasi
Sebelum kita meninjau dengan lebih mendalam tentang motivasi organisasi secara menyeluruh, eloklah jika kita memahami dengan lebih jelas tentang apakah itu organisasi. Kamus Dewan Edisi Keempat mendefinisikan organisasi sebagai kesatuan(susunan dan sebagainya) yang terdiri daripada bahagian-bahagian (orang dan lain-lain) dalam sesuatu pertubuhan(perkumpulan, perbadanan dan lain-lain) untuk tujuan-tujuan tertentu(kepentingan bersama dan sebagainya), pertubuhan. Contohnya, organisasi kaum wanita dan organisasi politik. Terdapat tokoh-tokoh lain yang mendefinisikannya adalah sistem kerja yang dianggotai oleh dua orang atau lebih(Chester I.Barnard), sebaran bentuk permuafakatan atau kerjasama untuk mencapai tujuan bersama(James D. Mooney), ataupun satu pendekatan bagi perhubungan sosial yang bersifat tertutup dan tidak terbuka secara meluas kepada semua orang untuk menganggotainya melalui peraturan keanggotaan yang telah digariskan terlebih dahulu dan definisi-definisi yang lain(Max Weber).

Secara umumnya, organisasi dapat didefinisikan sebagai satu perkumpulan bersifat sosial yang mana ahli-ahlinya akan melakukan aktiviti bersama dan saling bergauntungan dan bekerjasama bagi mencapai matlamat yang dipersetujui bersama.

Kefahaman tentang organisasi itu penting kerana motivasi dan organisasi merupakan satu hubungan yang tidak dapat dipisahkan untuk mencapai tujuan yang dipersetujui bersama. Wujudnya sesebuah organisasi itu sama ada organisasi kecil atau besar, swasta atau awam pun memerlukan motivasi. Tanpa adanya motivasi dalam diri seseorang, maka dapat dipastikan bahawa orang itu tidak akan bergerak sedikitpun dari tempatnaya berada,umpama kereta tanpa petrol. Begitu juga dalam kehidupan berorganisasi, motivasi organisasi sangat mutlak adanya.

Tambahan pula, dalam kehidupan harian manusia, tiada seorang dapat terlepas dari lingkungannya. Keperibadian seseorang akan dibentuk pula oleh lingkungannya dan agar keperibadian tersebut mengarah kepada sikap dan perilaku yang positif tentunya harus didukung oleh sesuatu norma yang diakui tentang kebenarannya dan dipatuhi sebagai pedoman dalam bertindak. Pada dasarnya manusia atau seseorang yang berada dalam kehidupan organisasi berusaha untuk menjalankan atau menjayakan sesuatu tugas, "Bumi mana yang tidak ditimpa hujan,langit mana tidak pernah dihentam bunyi guruh", kesilapan dan rintangan memang sesuatu yang tidak dapat digelakkan, sekiranya mereka ini menjalankan tugas tanpa memerlukan motivasi, sudah tentu tugas yang dijalankan itu tidak dapat disiapkan seperti yang dikehendaki sama ada dari segi kualiti dan kuantiti.
Contohnya, tak kira sehebat apapun recana yang telah dibuat oleh ketua organisasi, apabila dalam proses aplikasinya dilakukan oleh anggota yang kurang atau tidak memiliki motivasi yang kuat, maka akan menyebabkan tidak terealisasinya rencana tersebut.


Motivasi dalam organisasi adalah bertujuan untuk mendorong semangat para anggota organisasi, meningkatkan produktivi, kedisiplinan, dan menciptakan kesejahteraan organisasi agar tercapai tujuan organisasi dengan baik.
Berkaitan dengan motivasi organisasi, kita perlu fahami empat fungsi utama pengurusan yang amat penting dalam organisasi iaitu merancang, mengatur, memimpin, dan mengawal. Pada pelaksanaannya, setelah mendefinisikan tujuan untuk menetapkan prestasi masa depan rencana dan menentukan tugas dan sumber yang diperlukan untuk mencapaikannya(merancang) dan, menugaskan tugas, mengelompokkan tugas dalam jabatan, dan memperuntukkan sumber daya untuk jabatan(mengatur), seterusnya menggunakan pengaruh untuk memotivasi anggota organisasi untuk mencapai matlamat organisasi(memimpin),dan akhirnya memantau aktiviti anggota organisasi, menjaga organisasi agar menuju tujuannya, dan membuat pembetulan yang diperlukan(mengawal). Memotivasi organisasi merupakan kegiatan memimpin yang termasuk di dalam fungsi pengurusan. Kemampuan ketua organisasi untuk memotivasi anggotanya akan sangat menentukan efektif ketua. Ketua harus dapat memotivasi para anggotanya agar pelaksanaan kegiatan dan kepuasan kerja mereka meningkat. Jika anggotanya dibiarkan berjalan tanpa motivsi, maka biasalah menemukan kegagalan program kerja, bahkan terancam bubar. Oleh sebab itu, motivasi organisasi memegang peranan yang tidak boleh diremehkan. Banyak cara boleh dilakukan, baik secara formal mahupun tidak formal mahupun secara personal. Peranan motivasi sangat penting dalam hal ini, sehingga tidak ada anggota yang merasa terpaksa menjalankan roda organisasi. Apalagi, jika organisasi bersifat sukarela, tidak ada upah kerja untuk anggotanya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi dalam Organisasi
Faktor utama yang mempengaruhi motivasi dalam organisasi, antaranya adalah :

1. Budaya
Budaya organisasi padar asalnya mewakili orma-norma perilaku yang diikuti oleh para anggota organisasi, termasuk anggota organisasi yang berada dalam hierarki organisasi. Norma tersebut dapat dilihat dari kebiasaan-kebiasaan yang diterapkandari organisasi. Budaya organisasi mampu menjadi faktor kunci keberhasilan organisasi tetapi juga menjadi faktor utama kegagalan organisasi. budaya ini berbeza-beza setiap organisasi, ada yang memiliki budaya yang kuat dan ada yang pula memiliki budaya organisasi yang lemah. Budaya organisasi banyak berpengaruh pada pola perilaku dalam bidang nilai-nilai perusahaan(masalah baik-buruk dan etika),dan bidang suasana organisasi(bagaimana orang merasa dan beraksi) serta bidang gaya kepimpinan dalam melakukan tugas. Budaya organisasi yang mengharuskan seseorang untuk berada dalam suatu organisasi dikatakan sebagai bahagian dari motivasi dalam berorganisasi. Walaupun sekiranya seseorang pada awalnya hanya mengikuti arus, tetapi suatu saat mungkin saja orang itu akan mencintai organisasi yang diikutinya.

2. Kepimpinan
Jika lihat pada konteks kepimpinan, hal yang saling terkait adalah adanya unsur penggerak, adanya peserta yang digerakkan, adanya komunikasi, adanya tujuan organisasi dan adanya manfaat yang tidak hanya dinikmati oleh sebahagian anggota. Pada dasarnya, setiap tindakan yang diambil oleh ketua organisasi mempengaruhi iklim dalam beberapa hal, seperti aturan-aturan, prosedur-prosedur organsasi terutama masalah-masalah yang berhubungan dengan masalah-masalah yang berhubungan dengan masalah peribadi, gaya komunikasi, cara-cara yang digunakan untuk memotivasi, teknik dan tindakna pendisiplin, dan interaksi pengurusan. Jadi, seseorang pemimpin harus dapat menciptakan suasana kerja yang kondusif di dalam organisasi agar para anggota dapat menjalankan roda kegiatan dengan baik, kemudian juga harus mampu memahami psikologi dasar tentang motivasi dalam organisasi.

3. Iklim Organisasi
Iklim organisasi adalah berkaitan dengan deskripsi dari karakter organisasi yang membezakan sebuah organisasi dengan organisasi lain yang mengarah pada persepsi masing-masing anggota dalam memandang organisasi yang berpengaruh terhadap motivasi pada perlakuan organisasi. Ada empat prinsip faktor yang mempengaruhi iklim organisasi, iaitu pimpinan, tingkah laku karyawan, tingkah laku kelompok kerja dan faktor luaran organisasi.

Terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi dalam organisasi :

1. Keluarga atau orang terdekat
Dorongan orang terdekat selalu menjadi keutamaan kepada seseorang melakukan sesuatu hal. Termasuk dalam motivasi untuk berorgansasi. Sebagai contoh, ada teman saya yang masuk ke dalam sesebuah organisasi hanya untuk mengejar pujaan hatinya. Namun, dia malah tenggelam dan semakin mencintai organisasi tersebut.

2. Keinginan untuk maju
Dalam diri setiap individu pasti ada keinginan yang kuat untuk berubah atau menjadi lebih baik, dan organisasi pasti menjadi media yang tepat untuk mengembangkan potensi atau pengembangan diri.

3. Faktor lingkungan
Linkungan yang tidak sesuai dengan hati naluri seseorang dapat memicu orang itu mengubah lingkungan tersebut ke arah yang lebih baik, dan sekali lagi lingkungan organisasi menjadi media motivasi yang dapat memenuhi keinginan itu.

Faktor-faktor lain yang boleh diwujudkankan untuk menimbulkan motivasi dalam organisasi :

1. Tujuan
Visi, misi dan tujuan yang jelas akan memotivasi suatu organisasi. Anggota organisasi akan bekerjasama untuk mencapai matlamat yang sama. Namun hal ini belumcukup jika visi, misi dan tujuan yang ditetapkan tidak sejalan dengan keperluan dan tujuan anggota organisasi.

2. Tantangan
Manusia mempunyai mekanisme pertahanan diri yang kuat, iaitu ketika diberikan suatu tantangan, secara naluri manusia akan melakukan suatu tindakan untuk menghadapi tantangan tersebut atau menghindar. Dalam banyak keadaan tantangan yang ada merupakan suatu rangsangan untuk mencapai kejayaan. Dengan kata lain tantangan tersebut merupakan kebangkitan motivasi.

3. Keharmonian
Maksudnya adalah keharmonian dan keakraban dapat menjadi suatu perkara di mana seetiap anggota dapat bekerja sesuai dengan suasana hati yang baik, dari sanalah akan tercipta motivasi yang besar dalam organisasi. Para anggota yang saling sukai akan berusaha keras dalam organisasi.

Faktor-faktor di atas hanya sebahagian kecil dari banyak faktor yang dapat menpengaruhi motivasi dalam organisasi. Dan, apakah faktor yang mempengaruhi motivasi anda dalam organisasi ? : )

Kesimpulannya, "Motivasi dalam organisasi" adalah dorongan psikologi penting yang terdapat dari dalam diri seseorang mahupun lingkungan sekitarnya ,mahupun untuk memecahkan masalah bersama dalam media organisasi.



Disediakan oleh :Low Ren Hua (205677)

No comments:

Post a Comment